script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}

Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/ Modul Ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Modul Ajar  yang memuat pembelajaran berdiferensiasi. 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah-langkah Membuat RPP / Modul Ajar Berdiferensiasi

  • Analisis Kebutuhan Belajar Murid
  • Identifikasi kebutuhan belajar murid berdasarkan hasil observasi, asesmen, atau data lainnya.
  • Tentukan variasi kebutuhan belajar, seperti gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat murid.
Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

Menentukan Tujuan Pembelajaran

  • Gunakan pendekatan ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree) untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur.
  • Contoh: “Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.”

Merancang Kegiatan Pembelajaran

  • Pastikan kegiatan pembelajaran berhubungan langsung dengan tujuan pembelajaran.
  • Deskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan.
  • Pertimbangkan kebutuhan belajar murid dalam merancang kegiatan.
  • Contoh: Pembelajaran tentang ciri-ciri makhluk hidup dapat dilakukan melalui diskusi kelompok, eksperimen, dan presentasi.

Penerapan Diferensiasi

  • Diferensiasi Konten: Menyediakan materi pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan tingkat pemahaman murid.
  • Diferensiasi Proses: Menggunakan metode pembelajaran yang berbeda, seperti diskusi, proyek, atau pembelajaran mandiri.
  • Diferensiasi Produk: Memberikan pilihan kepada murid untuk menunjukkan pemahaman mereka melalui berbagai bentuk, seperti laporan tertulis, presentasi, atau karya seni.

Penilaian Pembelajaran

  • Deskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.
  • Pastikan penilaian mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  • Contoh: Penilaian dapat dilakukan melalui tes tertulis, observasi, dan rubrik penilaian proyek.


Contoh RPP / Modul Ajar Sederhana

Mata Pelajaran: Dasar dasar Otomotif / Gambar Teknik Otomotif

Kelas: X

Materi: Membuat proyeksi

  • Tujuan Pembelajaran: Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciri-ciri proyeksi dengan tepat.

Kegiatan Pembelajaran:

Pendahuluan (10 menit)

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan pentingnya memahami ciri-ciri proyeksi dalam gambar Teknik otomotif.
  • Murid diajak untuk berbagi pengetahuan awal mereka tentang proyeksi.

Inti (150 menit)

  • Diferensiasi Konten: Murid dibagi menjadi kelompok berdasarkan tingkat pemahaman. Setiap kelompok diberikan materi yang sesuai.
  • Diferensiasi Proses: Kelompok melakukan diskusi dan eksperimen untuk mengidentifikasi proyeksi.
  • Diferensiasi Produk: Setiap kelompok membuat presentasi atau poster dengan Canva dan gambar proyeksi dengan kertas ambar tentang hasil diskusi dan eksperimen mereka.

Penutup (20 menit)

  • Kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka.
  • Guru memberikan umpan balik dan merangkum pembelajaran.

Penilaian:

  • Tes tertulis tentang proyeksi dalam gambar Teknik otomotif.
  • Observasi selama diskusi dan eksperimen.
  • Rubrik penilaian untuk presentasi atau poster dengan canva dan gambar proyeksi menggunakan kertas gambar

Umpan Balik dan Penilaian

Setelah membuat RPP / Modul ajar, unggah RPP/Modul Ajar tersebut di forum yang telah disediakan. Berikan umpan balik  dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah disediakan. 

Download scibd

Download Drive

Download slideshare

Download Drive

Posting Komentar untuk "Demonstrasi Kontekstual! membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/ Modul Ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi. "