script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}

materi produksi massal kelas 12 smk produk kreatif dan kewirausahaan

materi produksi massal kelas 12 smk produk kreatif dan kewirausahaan adalah materi PKK kelas 12 SMK yang mempelajari materi tentang produksi massal yang di sesuaikan dengan bahan ajar lain seperti dari modul produk kreatif dan kewirausahaan kelas XII SMK juga dengan buku paket produk kreatif dan kewirausahaan kelas 12 SMK semester 1 yang di tujukan untuk pembelajaran yang dapat di akses oleh siswa selama 24 jam dengan belajar dimanapun dan kapanpun melalui materi ini.

materi produksi massal kelas 12 smk produk kreatif dan kewirausahaan

Pengertian Produksi massal

Produksi massal juga di kenal dengan istilah produksi yang dilakukan secara terus menerus dalam jumlah yang besar seperti perakitan produk barang yang akan di  pasarkan.

Tujuan Produksi massal

tujuan produksi massal adalah dengan terlebih dahulu menentukan bahan baku yang akan di buat produksi harus sesuai yang dapat menentukan apakah akan di buat sebuah produksi dalam hal ini produksi massal

ciri - ciri produksi massal :

  • produk yang dihasilkan baik oleh perusahaan atau wirausahawan dalam jumlah yang besar dan hal ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi per unitnya dengan biaya yang rendah.
  • juga sebagai sarana untuk menguasai pasar 
  • produknya juga banyak beredar atau sudah dijual di pasar bebas
  • produknya di buat sama per unitnya dan tidak ada variasi produk.
  • dan adanya persedian stok produksi untuk memenuhi permintaan terutama pada masa tunggu.

kelebihan produksi massal antara lain adalah mulai dari penghematan biaya produksi,efisiensi waktutingkat keakuratan tinggi,dan tingkat produksi yang cepat.

Perencanaan Produksi Massal

Perencanaan produksi massal adalah merupakan perencanaan tentang produk apakah yang akan di produksi dan dalam jumlah berapa akan di produksi.

menurut sukaria simulingga (2013) perencanaan produksi masala antara lain adalah :

  • mempersiapkan rencana produksi
  • membuat jadwal penyelesaian setiap produk
  • merencana produksi dan pengadaan komponen
  • menjadwalkan proses operasi setiap order
  • menyampaikan jadwal penyelesaian setiap order

beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan produksi ada 2 yaitu:

faktor internal yaitu faktor yang ada dalam perusahaan seperti kapasitas mesin,tenaga kerja,kemampuan pangadaan dan faktor eksternal yaitu faktor diluar perusahaan seperti kebijakan pemerintah inflasi dan lainya.

selanjutnya adalah bagaimana langkah langkah perencanaan produksi terdapat beberapa faktor antara lain :

  • |penelitian pengembangan produk melalui penelitian prosesn produksi dan penelitian produknya.
  • mencari gagasan dan seleksi produk yaitu dengan mencari berbagai gagasan ,menyeleksi produk ,desain produk,pengujian produk dan sampai desain akhir sebuah produk.
Jenis jenis Produksi massal
meliputi berbagai hal antara lain
  • melakukan perencanaan jangka panjang,yaitu perencanaan produksi lebih dari satu tahun sampai dengan lima tahun mendatang.
  • melakukan perencanaan jangka menengah,di rancang untuk produksi selama 2 sampai 3 tahun kedepan
  • melakukan perencanaan pendek,penentuan produksi dilakukan dalam satu tahun
Keuntungan produksi massal(kelebihan produksi massal)
  • Hemat biaya karena produksi di buat dalam jumlah yang besar sehingga dapat menekan biaya produksi
  • Efisiensi waktu,karena untuk produksi massal biasanya sebagian besar dilakukan dengan mesin atau robot.
  • tingkat keakuratan tinggi karena produksi massal sering dilakukan dengan berbagai mesin yang canggih dan memiliki akurasi tinggi
  • Kecepatan produksi,karena dengan sistem otomasisai oleh mesin mesin sehingga produksi lebih cepat.

Demikianlah materi singkat produksi massal kelas 12 smk pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan tentang pengertian,hakekat produksi massal 


Posting Komentar untuk "materi produksi massal kelas 12 smk produk kreatif dan kewirausahaan"