script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}

kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa dalam waktu sekarang ini akibat dampak corona virus yang masih belum usai walaupun jika dilihat dari sisi kemajuan teknologi pembelajaran daring merupakan kemajuan yang sangat berarti pada dunia pendidikan kita saat ini dimana terjadi peralihan model,metode pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan berbagai aplikasi yang sebelum terjadinya corona virus hal ini masih sedikit yang menggunakan media pembelajaran daring kecuali untuk pelatihan,diklat,training yang sebelum terjadinya corona virus memang sudah banyak yang menggunakan berbagai media dan model pembelajaran daring.

kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa

Kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa tentunya beragam tergantung dari daerah dan satuan pendidikan lainya akan tetapi disini hanya kita garis bawahi bahwa setiap perubahan yang pastinya selalu terdapat berbagai kelebihan dan kekuranganya dan untuk di evaluasi agar kedepanya semakin maju dan sempurna dalam dunia pendidikan kita yang masih banyak kekurangan jika kita jujur mengakuinya di bandingkan dengan berbagai negara yang sudah maju dalam dunia pendidikan agar dapat menciptakan generasi yang sesuai dengan harapan kita semua di masa mendatang.

Kelebihan dan kekurangan pembelajaran bagi siswa antara lain adalah :

Kelebihan pembelajaran daring bagi siswa

  • Siswa dapat mengenal berbagai kemajuan teknologi
Dengan berbagai model dan media daring seperti vidio conference,menggunakan classroom yang di padukan dengan materi dari berbagai sumber seperti dihubungkan dengan web atau blog gurunya atau dengan video youtube dari gurunya tentunya hal ini membawa perubahan siswa jadi lebih mengenal berbagai kemajuan teknologi yang dapat untuk media belajar mereka jika sebelumnya hanya di tonton sebagai media hiburan saja sekarang dapat di jadikan sebagai media pembelajaran daring sesuai dengan kemajuan teknologi.
  • Siswa dapat belajar dimana saja kapan pun tanpa batasan ruang dan waktu.
Dengan menerapkan materi yang di share oleh guru siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja walaupun di beberapa sekolah masih di batasi waktu untuk belajar akan tetapi siswa dapat mengulang berbagai materi cukup dengan handphone mereka sudah dapat di akses untuk belajar walaupun pada malam hari sekalipun untuk mengakses tugas dan materi dari guru mereka.
  • Siswa dapat berinovasi dengan berbagai media.
Juga siswa dan guru dapat berinovasi dalam pembelajaran jika guru berinovasi menciptakan berbagai model,media dan lainya siswa juga dapat berinovasi menciptakan berbagai tugas yang di tugaskan oleh guru mereka seperti membuat tugas yang di upload ke youtube siswa atau tugas lain yang dapat di kembangkan menjadi sebuah pekerjaan atau sampingan bagi siswa kedepanya karena seperti youtuber sekarang ini juga sudah menjadi profesi yang banyak di gemari berbagai anak muda di Negara kita dan dunia umumnya.
  • Siswa dapat belajar mandiri dengan berbagai media seperti web,blog,youtube,pdf dan lainya.
Dengan belajar jarak jauh dan minimnya interaksi dengan guru kecuali berinteraksi dengan video conference tentunya hal ini dapat seperti di dalam kelas,namun bagi guru yang jarang atau tidak pernah berinteraksi seperti menggunakan video conference tentunya menuntut siswanya untuk belajar secara mandiri dengan catatan memberikan siswanya media dan aturan serta materi yang jelas seperti membuat video materi pembelajaran,membuat blog sebagai materi pembelajaran,hal ini tentunya akan melatih siswa untuk belajar mandiri atau otodidak dengan cara memberikan materi hanya lewat blog dan youtube gurunya.


Kekurangan pembejaran daring bagi siswa antara lain :

  • Masih adanya siswa yang belum punya Handphone yang sesuai untuk pembelajaran daring.
Hal ini masih menjadi kendala karena masih adanya satu atau dua siswa dalam satu kelas yang belum atau tidak boleh mengakses handphone terutama bagi siswa yang dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah dan solusinya adalah bagaimana agar siswa tersebut mempunyai handphone yang cukup untuk melakukan pembelajaran daring dari rumah mereka dan tentunya hal iini dapat di atasi karena sekarang juga sudah menerima berbagai bantuan baik dari pemerintah atau dari sekolah masing - masing 
  • Kurangnya kecepatan internet  di sekolah,di rumah untuk belajar.
Kecepatan internet juga sering menjadi kendala terutama di daerah daerah yang memang sulit atau masih sulit di jangkau internet walaupun pada kenyataanya ada juga daerah yang sudah mempunyai kecepatan internet stabil untuk melakukan pembelajaran dari rumah mereka hal ini juga perlu sosialisai bagaimana memilih provider penyedia layanan internet bagi siswa yang dapat tepat menjangkau sinyal internet di rumah siswa.
  • Kurangnya pengawasan ke siswa.
Yang satu ini tentunya tugas dan tanggung jawab orang tua di rumah agar menjaga dan mengawasi putra putrinya dalam mengikuti pembelajaran daring dari rumah mereka atau di luar rumah mereka dengan mendukung berbagai kegiatan pembelajaran daring bagi siswa yang seperti sekarang ini masih dalam kondisi situasi corona virus agar putra putrinya tidak pergi kemana mana terutama pada proses pembelajaran daring khususnya bagi yang waktunya sudah di tentukan oleh guru mereka.

  • Pada pembelajaran praktik masih terdapat kendala 
Pada kekurangan berikutnya adalah dalam hal pembelajaran praktik yang masih banyak kendala terutama pada mata pelajaran yang secara umum siswa tidak mempunyai alat praktik di rumah mereka seperti contohnya pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif misalnya siswa jarang yang mempunyai mobil di rumah mereka dan terpaksa harus ke sekolah walau dengan protokoler ketat waktunya hanya beberapa menit saja,tentunya berbeda dengan kompetensi keahlian sepeda motor,tata busana misal untuk membeli sepeda motor dan mesin jahit masih dapat terjangkau 

Dengan mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa tentunya hal ini dapat untuk di jadikan evaluasi agar kedepanya proses pembelajaran daring dapat dilaksanakan secara sempurna tidak terdapat gangguan yang berarti termasuk tugas kita bersama memajukan dunia pendidikan kita agar dapat SDM kita bersaing dengan Negara Negara yang sudah maju dalam dunia pendidikan.

Solusi yang dapat di perbaiki apabila terdapat kekurangan dalam pembelajaran daring

Terdapat beberapa solusi yang mungkin dapat mengatasi kekurangan pembelajaran daring bagi siswa antara lain :
  • Mengarahkan siswa yang belum mempunyai handphone untuk membeli handphone yang cukup untuk belajar daring bagi mereka seperti menerima bantuan,PIP dan berbagai bantuan lain karena kebutuhan akan belajar juga harus tercukupi dan untuk masa depan mereka.
  • Mengarahkan para siswa untuk menggunakan kartu telepon atau kuota yang sesuai di daerahnya dan ini perlu juga di berikan edukasi seperti di tempat tinggalnya kartu telkomsel,xl,3 dan memilih yang sinyalnya paling baik di daerahnya.
  • Mengarahkan dan bekerja sama dengan orang tua khususnya dalam pembelajaran daring untuk suport mereka dan mengawasi mereka selama dalam proses pembelajaran khususnya bagi yang gurunya membatasi jam belajar bagi mereka untuk di laksanakan 
  • Pada pembelajaran praktik bagi siswa yang tidak mempunyai alat di rumah khususnya yang harganya mahal untuk mencari dari berbagai sumber dari video youtube dari wesite,blog yang dapat membaca dan memahami tentang berbagai materi yang di sajikan oleh guru mereka.
Demikian kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa khususnya dalam menghadapi dampak corona virus yang melanda Dunia saat ini dari membahas berbagai kelebihan pembelajaran daring bagi siswa,mengupas berbagai kekurangan pembelajaran daring bagi siswa dan solusi yang dapat di jadikan alternatif atau 







Posting Komentar untuk "kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring bagi siswa"