Mengenal Engine Management System pada kendaraan EFI
Untuk mengenal engine management system terutama pada kendaraan EFI(electronic fuel injection)dan merupakan jenis kendaraan yang berbeda dengan konvensional karena semua komponen pada kendaraan EFI sudah dikontrol melalui sensor-sensor.
Engine Management system terdapat ECM(electronic control module) yang menerima masukan dari mesin dan selanjutnya ECM mengeluarkan untuk mesin sehingga segala aktivitas dari mesin dapat di kendalikan dan di kotntrol oleh ECM atau ECU.
Masukan dari mesin adalah :
- Putaran mesin
- Derajat PE
- Detonasi
- Jumlah udara
- tekanan udara masuk
- temperatur mesin
- beban mesin
- tegangan baterai
- sensor oksigen
- saklar AC
- saklar power seering
- TPS
- MAP
Semua masukan diatas selanjutnya mengirim sinyal atau masukan menuju ECM atau ECU,Hal ini karena untuk mengontrolkondisi mesin pada saat hidup,sebagai contoh jika pada konvensional sering terjadi kesalahan pengapian atau terlalu maju maka pada sistem efi secara otomatis dipasang sensor derajat pengapian dan detonasi yang dapat memundurkan saat pengapian secara otomatis,tidak seperti pada konvensional yang masih menggunakan vacum dan gorvernor advencer untuk mengatur hal tersebut.
Selanjutnya dari ECM akan mengeluarkan untuk mesin dar masukan dari mesin diterima ECM dan mengeluarkan atau keluaran untuk mesin anatara lain :
- pompa bahan bakar
- injektor
- IAC/ISC
- koil pengapian
Dengan mengenal Engine management system anda dapat mempelajari dengan mudah sistem engine atau mesin EFI yang bekerja berdasarkan masukan dari mesin seperti,putaran mesin,derajat PE,detonasi dan yang lain masuk ECM dan mengeluarkan dari ECM menuju keluaran untuk mesin seperti pompa bahan bakar,injector,ISC dan koil pengapian.
Posting Komentar untuk "Mengenal Engine Management System pada kendaraan EFI"
silahkan berkomentar yang sopan,hindari spam dengan yang bermanfaat