Komponen Master Silinder rem hidrolik
Jenis master silinder sendiri ada yang menggunakan satu piston dan dua piston dengan untuk kopling menggunakan satu piston dan untuk rem rata-rata menggunakan dua piston dalam satu master silinder.pada kendaraan sekarang untuk sistem rem kebanyakan sudah menggunakan jenis master silinder yang menggunakan dua torak/piston dalam satu silinder.
➥Komponen-komponen master silinder terdapat beberapa macam dan bagian antara lain :
Contoh diatas merupakan master silinder dengan satu piston sedangkan yang menggunakan dua piston.torak sering di sebut juga dengan master silinder jenis tandem,seperti gambar di bawah ini.
Dengan menggunakan master silinder tandem berbeda dengan jenis satu torak/piston sedangkan tandem terdapat dua piston/torak yang yang digunakan satu untuk roda depan dan satunya lagi untuk roda belakang,berbeda dengan satu torak/piston yang menggunakan satu saluran untuk roda depan dan roda belakang.
Jenis silinder roda dengan dua torak yang terdapat dua saluran melalui pipa penghubung yang pada roda depan dan satu saluran roda belakang sedangkan bagian komponen dalam seperti seal karet,piston dan pegas seperti gambar dibawah ini.
Pada bagin komponen seal karet jika terjadi keausan dan perubahan bentuk dapat di lakukan dengan penggantian seal karet yang baru,hal ini sering terjadi jika terdapat gangguan pada sistem rem,jika seal rusak menyebabkan tidak terdapat tekanan pada master silinder. sehingga mengakibatkan pedal rem rendah.
Komponen -komponen master silinder yang terdapat pada sistem rem hidrolik secara garis besar terbagi menjadi resevoir, silinder,seal karet,torak/piston,pegas.
Semoga bermanfaat.