Sintaks model Pembelajaran Problem based learning
→Pengertian Model Based Learning
Cara mudah memahami pengertian Pembelajaran problem based learning(PBL)merupakan pembelajaran berbasis masalah,dengan pembelajaran dengan mengarahkan peserta didik untuk dapat menemukan permasalahan dari mulai mengidentifikasi permasalahan sampai dengan memecahkan masalah.
→Langkah-langkah Pembelajaran Problem Based Learning.
→Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning.
Cara mudah memahami pengertian Pembelajaran problem based learning(PBL)merupakan pembelajaran berbasis masalah,dengan pembelajaran dengan mengarahkan peserta didik untuk dapat menemukan permasalahan dari mulai mengidentifikasi permasalahan sampai dengan memecahkan masalah.
→Langkah-langkah Pembelajaran Problem Based Learning.
- Konsep dasar.
- Pendefinisian masalah.
- Pembelajaran mandiri.
- Pertukaran pengetahuan.
- Penilaian
→Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning.
- Menjelaskan Peserta didik pada Permasalahan
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,dan di jelaskan secara detail serta rinci sehingga mudah di pahami peserta didik,selanjutnya memotivasi peserta didik .Antara lain:
- tujuan utama pembelajaran
- permasalahan
- mencari informasi
- analisis dan penjelasan
- Peserta didik diorganisasikan untuk belajar
Guru memulai pembelajaran dengan membagi kelompok dan mengorganisasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan memecahkan masalah atau problem sehingga nantinya dapat menyelesaikan masalah tersebut.
- Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok.
Guru mengajukan pertanyaan untuk berpikir kepada peserta didik,dan membatu peserta didik mudah dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan juga dapat membatu siswa mencari bahan referensi atau menyediakan sumber belajar.
- Mengembangkan dan menyajikan Hasil karya.
Peserta didik dapat menciptakan hasil karya berupa tulisan,presentasi dan yang lain misalnya dengan menciptakan media berupa vidieo dan lainya dan jika perlu dapat juga memamerkanya.
- Analisis dan Evaluasi.
Guru meminta peserta didik untuk melakukan aktivitas yang dapat dinilai baik pengetahuan,ketrampilan maupun sikap (untuk yang pendidikan agama dan Pkn) seperti penilaian unjuk kerja,porto polio.
Baca juga
Baca juga
Pembelajaran Problem based learning merupakan pembelajaran berbasis masalah dengan mencari permasalahan dan peserta didik di bantu guru sebagai fasilisator untuk memudahkan menemukan masalah melalui pencarian informasi dari berbagai sumber,mendiskusikan dalam kelompok menyampaikan hasil diskusi dalam sebuah karya baik tulisan maupun media seperti vidio dan lainya dan jika perlu dapat juga di pamerkan,dan guru selanjutnya mengevaluasi dengan penilaian berupa unjuk kerja,porto polio dan penilaian yang lain.
Semoga bermanfaat.