Soal sistem pendingin dan sistem bahan bakar bensin
SOAL SISTEM PENDINGIN DAN SISTEM BAHAN BAKAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : TMKR 2
Kompentensi Dasar : Melakukan overhaul
system pendingin dan Memelihara
system bahan bakar bensin
system bahan bakar bensin
Kompentensi keahlian : Teknik kendaraan ringan
Kelas : XI
Hari / tanggal :
Waktu : (90 menit)
PETUNJUK
KHUSUS
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar !
- 1. Jelaskan macam system pendingin dan cara kerjanya !
- 2. Jelaskan prosedur pemeriksaan system pendingin !
- 3. Sebutkan komponen system pendingin air tekan beserta fungsinya !
- 4. Jelaskan langkah – langkah penyetelan celah katup !
- 5. Pemeriksaan apa saja yang dilakukan di pekerjaan tune up ?
- JAWABAN
- . System pendingin udara secara alamiah dan tekan: dengan dipasang sirip pendingin pada kop dan blok silinder,panas dirambatkan melalui sirip pendingin System pendingin air secar alamiah dan tekan : dengan menggunakan media air sebagai pendingin,secara alamiah bekerja berdasar berat jenis air dan secara tekan dengan menggunakan pompa air.
- Pemeriksaan kwalitas dan kwantitas air pendingin,pemeriksaan kebocoran system pendingin,pemeriksaan tutup radiator.
3 a, Radiator berfungsi untuk
mendinginkan air atau membuang panas air ke udara
melalui sirip-sirip pendinginnya. Cara kerjanya adalah membuang panas
secara
konveksi dan radiasi.
b. Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin
dengan jalan
menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air
menjadi
lebih tinggi daripada tekanan udara luar.
c. Pompa air berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dengan jalan
membuat
perbedaan tekanan antara saluran isap dengan saluran tekan pada pompa.
d. Tangki reservoir berfungsi untuk menampung air pendingin ketika
terjadi kenaikan
tekanan air karena suhu tinggi dalam radiator sehingga air akan meluap.
Ketika suhu
air pendingin turun terjadi kevakuman maka air dalam tangki reservoir
akan diisap
kembali ke dalam radiator.
e. Kipas berfungsi untuk mengalirkan udara pada inti radiator agar panas
yang terdapat
pada inti radiator dapat dipancarkan ke udara dengan mudah. Kipas
pendingin dapat
berupa kipas pendingin biasa (yang diputarkan oleh mesin) dan kipas
pendingin
listrik yang digerakkan oleh motor listrik.
4. Penyetelan dengan metode sistematis
Secara prinsip katup disetel saat kondisi bebas, dimana pada kondisi top
kompresi katup isap
dan buang pada kondisi bebas. Dengan begitu penyetelan katup dapat
dilakukan pada
kedua katup, dan berlaku juga pada katup lain yang bebas.
Dengan 2 kali posisi top kita dapat menyetel celah katup secara menyeluruh.
Contoh untuk
4 silinder pada posisi top kompresi silinder no 1, kondisi katup yang
bebas adalah : silinder1
(in dan ex), silinder 2 (in),
silinder 3 (ex), silinder 4 over lap. Pada saat top 4 silinder 4 (in
dan ex), silinder 3 (in), silinder 2 (ex), dan silinder 1 overlap.
5. Pemeriksaan pelumas,saringan
udara,baterai,kabel tegangan tinggi,koil,platina busi,
pendingin tali kipas
karburator,celah katup,kompresi,waktu pengapian ,sudut dwel,stasioner.
PENSKORAN :
S = R
S = SKOR
YANG DIPEROLEH
R = JUMLAH
JAWABAN YANG BENAR
(MASING –
MASING SOAL SKOR TERTINGGI 10,JML SKOR TOTAL 50 x 2 = 100 )
Untuk Download link di bawah ini
Soal Essay Link 2
Soal Pilihan ganda Link 2