RPP PDO kelas X TOKR Teknik Otomotif
RPP (rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif(PDO) kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan /TOKR edisi kurikulum 2013 revisi dibuat berdasarkan beberapa panduan dan pedoman dalam membuat RPP di sesuaikan dengan beberapa pedoman mulai dari cara membuat RPP sampai dengan lainya.
RPP ini berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran yang berisi mulai dari Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar ,srategi metode pembelajaran,alat bahan dan media pembelajaran sampai dengan prosedur penilaian.
Rpp PDO atau Pekerjaan Dasar Otomotif berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran mulai dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar,Srategi pembelajaran,methode pembelajaran sampai dengan media dan sumber beljara dan yang lain.
Rpp PDO atau Pekerjaan Dasar Otomotif berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran mulai dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar,Srategi pembelajaran,methode pembelajaran sampai dengan media dan sumber beljara dan yang lain.
➦Berikut ini contoh RPP PDO kelas X TOKR revisi
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian :
Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi
Inti
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools
4.1 Mengklasifikasi jenis-jenis power
tools
3.2 Menggunakan macam-macam hand tools
4.2 Menggunakan macam-macam power tools
Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi
handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
§ Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkandan
mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis
tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§ Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis
handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
·
dengan
buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat
menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis
– jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
dan menentukan jenis – jenis handtools
dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.
Materi
Pembelajaran
Ø Jenis – jenis Hand toolspower
tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur
elektrik
dan penerapanya
Ø Fungsi hand tools power tools,special servis
tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penggunaanya.
Pendekatan,Srategi
dan Metode
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative
learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based
learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
Pemberian rangsangan(stimulation)
|
1.guru
membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia
Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2.
Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi
yang dipelajari.
3.
Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa
diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
|
Siswa
yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya.
Siswa
memperhatikan penjelasanguru
Siswa
diajak memecahkan masalah
|
30
menit
|
Inti
Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement
Pengumpulan data(data Collection)
Pembuktian (verification)
Menarik kesimpulan (generalization)
|
. Guru membagi siswa dalam 5
kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
. Guru Memberikan Materi Diskusi
. Selama diskusi guru mendorong
siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh
dari pekerjaanya.
. Guru meminta hasil diskusi
dipresentasikan.
. Guru mengumpulkan semua hasil
diskusi
. Dengan Tanya jawab guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan
menjawab evaluasi hasil diskusi.
|
Siswa
bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
Siswa
mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .
Siswa
mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi
Siswa
didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
|
170
Menit
|
Penutup
|
.
Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran
.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic
pada pertemuan berikutnya.
|
Siswa
memberikan kesimpulan
|
25
menit
|
Alat /
Bahan Media Pembelajaran
v LCD Proyektor,internet
v Jenis hand tools,power tools,SST,Workshop
Equipment,alat ukur mekanik
Sumber
Belajar
§ Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§ Buku refernsi ,Moduldan artikel yang
terkait dari Internet.
Penilaian
Pembelajaran
Teknik
Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio
Prosedur
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
Soal
pilihan ganda / essay
|
Tes
tertulis
|
Tugas,test
tertulis ,test lisan
|
2
|
Mengamati
siswa prakteik dan melihat hasil kerja
|
Observasi,unjuk
kerja Psikomotorik
|
Lembar
kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian :
Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi
Inti
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
3.3 Mengklasifikasi jenis-jenis special
service tools
4.3 Menggunakan macam-macam special
service tools
3.4 Menerapkan workshop equipment
4.4 Menggunakanworkshop equipment
Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi
handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
§ Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkandan
mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis
tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§ Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis
handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
·
dengan
buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat
menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis
– jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
dan menentukan jenis – jenis handtools
dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.
Materi
Pembelajaran
Ø Jenis – jenis special servis tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur
elektrik
dan penerapanya
Ø Fungsi ,special servis
tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
dan penggunaanya.
Pendekatan,Srategi
dan Metode
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative
learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based
learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
Pemberian rangsangan(stimulation)
|
1.guru
membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia
Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2.
Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi
yang dipelajari.
3.
Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa
diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
|
Siswa
yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya.
Siswa
memperhatikan penjelasanguru
Siswa
diajak memecahkan masalah
|
30
menit
|
Inti
Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement
Pengumpulan data(data Collection)
Pembuktian (verification)
Menarik kesimpulan (generalization)
|
. Guru membagi siswa dalam 5
kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
. Guru Memberikan Materi Diskusi
. Selama diskusi guru mendorong
siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh
dari pekerjaanya.
. Guru meminta hasil diskusi
dipresentasikan.
. Guru mengumpulkan semua hasil
diskusi
. Dengan Tanya jawab guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan
menjawab evaluasi hasil diskusi.
|
Siswa
bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
Siswa
mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .
Siswa
mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi
Siswa
didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
|
170
Menit
|
Penutup
|
.
Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran
.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic
pada pertemuan berikutnya.
|
Siswa
memberikan kesimpulan
|
25
menit
|
Alat /
Bahan Media Pembelajaran
v LCD Proyektor,internet
v Jenis ,SST,Workshop
Equipment
Sumber
Belajar
§ Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§ Buku refernsi ,Moduldan artikel yang
terkait dari Internet.
Penilaian
Pembelajaran
Teknik
Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio
Prosedur
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
Soal
pilihan ganda / essay
|
Tes
tertulis
|
Tugas,test
tertulis ,test lisan
|
2
|
Mengamati
siswa prakteik dan melihat hasil kerja
|
Observasi,unjuk
kerja Psikomotorik
|
Lembar
kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 8 Purworejo
Mata Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Otomotif
Komp.Keahlian :
Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Semester : X / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi
Inti
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
3.5 Menerapkan alat ukur mekanik serta
fungsinya
4.5 Menggunakan alat-alat ukur mekanik
3.6 Menggunakan alat-alat ukur elektrik
4.6 Menerapkan alat ukur elektrik serta
fungsinya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Menjelaskan jenis – jenis dan fungsi
handtools,power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
§ Menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan
mengkobinasikan jenis – jenis handtools.power tools,special servis
tools,workshop equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
§ Memilih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
danmenentukan jenis – jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis
handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrik
·
dengan
buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat
menyebutkan,mendiskusikan,menganalisis,menyimpulkan dan mengkombinasikan jenis
– jenis handtools power tools,special servis tools,workshop equipment,alat ukur
mekanik,alat ukur elektrikdengan buku maupun melalui internet.
·
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat memiih,menerapkan,menunjukkan,mengkombinasikan
dan menentukan jenis – jenis handtools
dengan buku,jenis handtoolspower tools,special servis tools,workshop
equipment,alat ukur mekanik,alat ukur elektrik
maupun melalui internet.
Materi
Pembelajaran
Ø Jenis – jenis alat ukur mekanik,alat ukur
elektrik
dan penerapanya
Ø Fungsi ,alat ukurmekanik dan elektrik
dan penggunaanya.
Pendekatan,Srategi
dan Metode
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative
learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based
learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
Pemberian rangsangan(stimulation)
|
1.guru
membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia
Raya,kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2.
Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara peniaiankompetensi
yang dipelajari.
3.
Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis siswa
diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
|
Siswa
yang ditunjuk langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya.
Siswa
memperhatikan penjelasanguru
Siswa
diajak memecahkan masalah
|
30
menit
|
Inti
Pernyataan /identifikasi masalah (problrm statement
Pengumpulan data(data Collection)
Pembuktian (verification)
Menarik kesimpulan (generalization)
|
. Guru membagi siswa dalam 5
kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
. Guru Memberikan Materi Diskusi
. Selama diskusi guru mendorong
siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh
dari pekerjaanya.
. Guru meminta hasil diskusi
dipresentasikan.
. Guru mengumpulkan semua hasil
diskusi
. Dengan Tanya jawab guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan
menjawab evaluasi hasil diskusi.
|
Siswa
bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
Siswa
mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .
Siswa
mendiskusikan dengan Tanya jawab didalam kelompok
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi
Siswa
didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
|
170
Menit
|
Penutup
|
.
Siswa diminta memberikan kesimpulan hasil Pembelajaran
.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberi informasi tentang topic
pada pertemuan berikutnya.
|
Siswa
memberikan kesimpulan
|
25
menit
|
Alat /
Bahan Media Pembelajaran
v LCD Proyektor,internet
v Jenis alat ukur mekanik dan elektrik
Sumber
Belajar
§ Sasongko.2013.Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§ Buku refernsi ,Modul dan artikel yang
terkait dari Internet.
Penilaian
Pembelajaran
Teknik
Penilaian : Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio
Prosedur
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
Soal
pilihan ganda / essay
|
Tes
tertulis
|
Tugas,test
tertulis ,test lisan
|
2
|
Mengamati
siswa prakteik dan melihat hasil kerja
|
Observasi,unjuk
kerja Psikomotorik
|
Lembar
kerja Penilaian Praktik,proyek ,portopolio
|
Purworejo,
Juli 2017
Mengetahui Guru
Mapel
Kepala
Sekolah
Dra.Tri
Nurwati,M.M Sri
Agung GB,S.Pd.
NIP.19590423
198603 2 006
Demikian RPP PDO kelas X TOKR Teknik Otomotif pada kendaraan ringan yang berisi mulai dari KI/KD sampai dengan Prosedur Penilaian .
RPP ini dibuat dan dapat di edit dan di perbaiki ,jika mengalami kesalahan dalam pembuatan.
Dapat juga di download pada link di bawah ini
- Download RPP PDO /Pekerjaan Dasar Otomotif Kelas X TOKR Teknik Otomotif
- Download RPP PDO / Pekerjaan Dasar Otomotif Kelas X TOKR Teknik Otomotif
Semoga bermanfaat.