Pengertian,Kelebihan dan 5 Perbedaan sistem Pendingin Udara dan Air
Sistem pendingin pada kendaraan secara garis besar dibedakan menjadi 2 macam yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin air,sistem pendingin udara masih banyak digunakan pada sepeda motor dan untuk mobil lebih efektif menggunakan sistem pendingin air hal ini dikarenakan pada sepeda motor rata-rata menggunakan satu silinder dan untuk mobil menggunakan empat silinder atau lebih dari empat silinder,intinya pada mobil lebih dari satu silinder.
Fungsi dari sistem pendingin pada kendaraan adalah untuk mengurangi panas akibat terjadinya ledakan pembakaran di dalam mesin sehingga temperaturnya dapat stabil sesuai suhu kerja normal pasa kendaraan,dan jika temperatur pada sistem pendingin melebihi spesifikasi dapat menimbulkan over heating atau panas yang berlebihan yang dapat merusak komponen-komponen di dalam mesin seperti piston,ring piston silinder dan kelengkapanya.
⇒ Perbedaan sistem pendingin udara dan sistem pendingin air.
contoh untuk sistem pendingin udara terdapat pada sepeda motor atau pada motor yang rata- rata masih menggunakan satu silinder.Namun demikian sekarang ini juga banyak sepeda motor yang sudah tidak menggunakan sirip-sirip pendingin atau lebih mudahnya sudah ada yang menggunakan sistem pendingin air.
Sistem pendingin air secara alami dengan memanfaatkan berat jenis air dengan meletakan tempat air yang lebih tinggi dan air akan mengalir dengan sendirinya,namun sistem pendingin ini masih kurang efektif sehingga disempurnakan dengan dipasang pompa air untuk menghisap dan menekan air kedalam mantel air/water jacket yang ada si sekitar silinder.
➥Cara mudah membedakan sistem pendingin udara dan air sebagai berikut :
⇒ Komponen- komponen sistem Pendingin udara dan sistem Pendingin air.
Fungsi dari sistem pendingin pada kendaraan adalah untuk mengurangi panas akibat terjadinya ledakan pembakaran di dalam mesin sehingga temperaturnya dapat stabil sesuai suhu kerja normal pasa kendaraan,dan jika temperatur pada sistem pendingin melebihi spesifikasi dapat menimbulkan over heating atau panas yang berlebihan yang dapat merusak komponen-komponen di dalam mesin seperti piston,ring piston silinder dan kelengkapanya.
⇒ Perbedaan sistem pendingin udara dan sistem pendingin air.
- Sistem Pendingin udara.
contoh untuk sistem pendingin udara terdapat pada sepeda motor atau pada motor yang rata- rata masih menggunakan satu silinder.Namun demikian sekarang ini juga banyak sepeda motor yang sudah tidak menggunakan sirip-sirip pendingin atau lebih mudahnya sudah ada yang menggunakan sistem pendingin air.
- Sistem Pendingin air
Sistem pendingin air secara alami dengan memanfaatkan berat jenis air dengan meletakan tempat air yang lebih tinggi dan air akan mengalir dengan sendirinya,namun sistem pendingin ini masih kurang efektif sehingga disempurnakan dengan dipasang pompa air untuk menghisap dan menekan air kedalam mantel air/water jacket yang ada si sekitar silinder.
➥Cara mudah membedakan sistem pendingin udara dan air sebagai berikut :
- Dilihat dari konstruksi sistem pendingin udara lebih simpel,sedangkan air lebih rumit karena terdapat banyak komponenya.
- Media yang digunakan udara dan air.
- Penggunaanya untuk udara pada mesin satu silinder atau lebih,sedangkan air pada tiga,empat silinder atau lebih.
- Komponenya udara hanya menggunakan sirip sedangkan air banyak komponen mulai dari radiator sampai dengan pompa air.
- Pemeliharaanya udara lebih mudah dibandingkan dengan sistem pendingin air.
⇒ Komponen- komponen sistem Pendingin udara dan sistem Pendingin air.
- Sistem Pendingin udara komponenya hanya dipasang sirip-sirip pendingin sehingga mempunyai kelebihan tidak terlalu rumit jenis dari bentuk dan pemeliharaanya.Namun pendinginan masih kurang efisien dibandingkan dengan sistem pendingin air.
- Sedangkan sistem Pendingin air komponen-komponenya meliputi radiator sebagai tempat untuk menampung air,pompa air/water pump untuk mensirkulasikan air dengan cara menghisap dan menekan,termostat yang dilengkapi dengan katup yang akan membuka saat suhu kerja sudah mulai normal,mantel air/water jacket sebagai tempat air disekitar silinder,selang sebagai sarana penyambung dan untuk mengalirkan air antara radiator dan pompa air
- Sistem pendingin udara bekerja secara alami dengan udara yang bersirkulasi di sekitar sirip-sirip pendingin,sehingga tidak memerlukan pemeliharaan yang lebih seperti sistem pendingin air.
- Sistem pendingin air cara kerjanya adalah,jika mesin belum mencapai suhu kerja atau pada awal kendaraan hidup air masih bersirkulasi di dalam mantel air dan saluran yang adalah di dalam mesin,setelah suhu naik katup termostat akan membuka sehingga air yang suhunya naik akan masuk ke radiator masuk ke tangki bagian atas masuk kebagian tengah radiator suhunya dibuang ke udara oleh kipas setelah suhunya berkurang turun ke tangki bawah radiator,selanjutnya dihisap oleh pompa air di sirkulasi menuju mantel air dan seterusnya siklusnya seperti pada cara awal mulai bekerja.
- Yang menjadikan sistem pendingin udara dan air berbeda adalah komponen sistem pendingin udara hanya menggunakan sirip-sirip pendingin pada kepala silinder dan block,sedangkan pada sistem pendingin air komponenya mulai dari radiator sampai pompa air/water pump.Sistem pendingin udara banyak digunakan pada mesin satu silinder seperti sepeda motor dan sistem pendingin air banyak digunakan pada mobil,walaupun sekarang ini sepeda motor juga sudah ada yang menggunakan sistem pendingin air.