Klasifikasi dan Kode Ban Mobil
Ban pada sebuah kendaraan seperti mobil merupakan bagian yang sangat penting,disamping untuk menahan beban kendaraan,mengontrol pengereman,menyerap goncangan/kejutan yang ditimbulkan oleh kondisi jalan yang tidak rata.Pada kendaraan ban dihubungkan dengan pelek menjadi satu kesatuan sebuah roda.
Berikut cara mudah membedakan dan membaca klasifikasi dan kode ban.⇒Klasifikasi Ban
→Menurut cara penyimpanan udara
Pada ban bias penyimpanan udara menggunakan ban dalam,katup udara/pentil dihubungkan langsung dengan ban dalam.
Sedangkan pada ban tubeless tidak menggunakan ban dalam melainkan udara hanya ditahan oleh lapisan dalam ban yang kedap udara,dan katup udara/pentil terpasang pada pelek.
→Menurut tread paternSedangkan pada ban tubeless tidak menggunakan ban dalam melainkan udara hanya ditahan oleh lapisan dalam ban yang kedap udara,dan katup udara/pentil terpasang pada pelek.
Sebuah pola atau sering disebut telapak pada ban yang disesuaikan dengan jenis kendaraan serta kondisi jalan yang sering dilalui biasanya menyesuaikan dengan pola misalnya untuk kenyamanan,kestabilan terdapat beberapa macam pola seperti rib.lug,rib and lug dan block.
→Menurut cara penyusunan Ply-cord.
Pada ban bias lapisan benang arahnya miring terhadap garis tengah ban dengan membentuk sudut 30 sampai dengan 40 derajat.
Pada ban radial lapisan seratnya tegak lurus terhadap garis tengah ban dan ditambahkan sebuah belt/sabuk searah lingkaran ban.
Standar JIS(Japanese Industrial Standard)
- Ban dengan ban dalam 6.25-S-14-4PR
S = kecepatan maximum yang diijinkan(lihat tabel pada buku tabel)
14 = diameter pelek dalam inchi
4PR=kekuatan ban PR(ply rating) biasanya memakai 4 lapisan benang.
- Ban Tubeless 185/70-H-R-13
70 = aspect ratio/perbandingan lebar dan tinggi dalam persen.
H = Kecepatan maximum yang diijinkan
R = Radial
13 = diameter pelek dalam inchi.
⇒⇒ISO (International Organization of Standarization)
- 175/70 R13 82 S
- 175 = lebar ban dalam milimeter
- 70 = aspect ratio 70%
- R = radial
- 13 = diameter pelek dalam inchi
- 82 = load index/kapasitas angkut beban(lihat tabel spesifikasi ban)
- S = kecepatan maximum yang diijinkan (lihat tabel spesifikasi ban )
- cara mudah pengukuran geometri roda.
- cara dan langkah mudah membalans roda.
- cara kerja dan bagian sistem kemudi rack and pinion
Pada kode ban terdapat standar JIS dan ISO,cara mudah membedakan ban misalnya dengan angka 6.25 berarti lebarnya dalam inchi,sedangkan angka depan misal 185 lebarnya dalam milimeter,jenis radial untuk kode R,aspect ratio perbandingan lebar dan tinggi dalam persen,diameter pelek satuanya inchi,dan untuk kecepatan maximum yang diijinkan serta load index kapasitas angkut beban lihat tabel spesifikasi ban.
Semoga bermanfaat.