Cara Pengisian refrigerant pada AC mobil
Untuk mengurangi panas,kepengapan pada kendaraan sekarang ini dengan menggunakan AC/Air Conditioning,atau disebut juga dengan sistem penyejuk udara baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan pribadi banyak yang menggunakan sistem AC.
➤Pengertian sistem AC
Pada sistem AC disamping sebagai penyejuk udara dalam kendaraan juga dapat menyerap air yang menempel pada kaca mobil waktu lembab dan hujan turun,juga dapat menyaring kotoran yang terdapat pada udara sebelum masuk menuju kendaraan
➤Fungsi:
Sehingga fungsi dari AC adalah untuk memberikan udara sejuk pada kendaraan.
➤Sistem kerja AC :
Bagian yang berfungsi untuk menaikan tekanan
Bagian yang berfungsi untuk menurunkan tekanan supaya penyerapan panas dapat berlangsung.
➤Bagian- bagian dan Cara kerja Sistem AC
R-13 cukup baik digunakan karena :
➤Pengisian melalui saluran tekanan tinggi.
dianjurkan untuk pekerja yang belum berpengalaman karena selama pengisian kompresor tidak bekerja.
hal ini mudah dilakukan tetapi keamanan kompresor kurang terjamin.
➤Mengetahui pengisian sudah penuh.
Pada Pengisian Refrigerant/Zat pendingin dilakukan dengan pendahuluan dengan cara di vacum kemudian dapat dilakukan dengan pengisian melaui saluran tekanan tinggi dan melalui saluran tekanan rendah,dan untuk mengetahui pengisian sudah penuh dapat diketahui melalui tiga cara yaitu dengan melihat gelembung pada kaca saringan,dengan melihat manometer dan sesuai berat refrigerant/zat pendingin.
Semoga bermanfaat.
➤Pengertian sistem AC
Pada sistem AC disamping sebagai penyejuk udara dalam kendaraan juga dapat menyerap air yang menempel pada kaca mobil waktu lembab dan hujan turun,juga dapat menyaring kotoran yang terdapat pada udara sebelum masuk menuju kendaraan
➤Fungsi:
Sehingga fungsi dari AC adalah untuk memberikan udara sejuk pada kendaraan.
➤Sistem kerja AC :
Bagian yang berfungsi untuk menaikan tekanan
Bagian yang berfungsi untuk menurunkan tekanan supaya penyerapan panas dapat berlangsung.
➤Bagian- bagian dan Cara kerja Sistem AC
- Kompresor untuk menekan zat pendingin/refrigerant beredar dalam sistem AC
- Kondenser untuk mendinginkan zat pendingin yang ditekan oleh kompresor
- Saringan/ filter berguna mengisap uap air dan menyaring kotoran.
- Katup Expansi untuk menurunkan dan mengubah zat pendingin dari cair menjadi uap.
- Evaporator untuk mengambil panas kemudian zat pendingin menjadi gas dan kembali ke kompresor
- Zat pendingin/Refrigerant yang digunakan jenis R-12(diflourdiclhormethan) namun hal ini dapat merusak lapisan ozon dan dapat menimbulkan pemanasan global sehingga diganti dengan R-134a,dimana R merupakan singkatan dari Refrigerant.atau nama dagang untu zat pendingin yang tidak mengandung unsur logam.sedangkan untuk AC pada gedung - gedung dipakai 22 atau R-22.
- tidak beracun
- tidak menggangu kesehatan
- tidak dapat meledak
- tidak berbau menyengat
- titik didihnya ideal
- dan tidak mengandung unsur yang dapat merusak makanan,kain,tanaman.
- Pertama adalah pemeriksaan pendahuluan.
➤Pengisian melalui saluran tekanan tinggi.
dianjurkan untuk pekerja yang belum berpengalaman karena selama pengisian kompresor tidak bekerja.
- tekanan zat pendingin tabung dinaikan
- kran saluran tekanan rendah ditutup dan tekanan tinggi dibuka.
- tabung dibalik karena yang masuk berupa zat cair.
- kran tabung dibuka,tekanan tinggi ditutup.
- kran tekanan rendah dibuka pelan-pelan supaya yang masuk ke sistem berupa gas.
- tabung tidak boleh dibalik karena berbentuk cair yang dapat mengakibatkan kompresor cepat rusak.
➤Mengetahui pengisian sudah penuh.
- Dengan melihat kaca pengintai pada saringan,pada putaran diatas 2000 rpm tidak terlihat gelembung.
- Dengan Manometer,tekanan rendah 1,5-2 bar(21-29Psi), Tekanan tinggi 14,5-15 bar(200-213Psi)
- Sesuai berat Zat pendingin / refrigerant dengan melihat pada buku manual servis kendaraan.
Pada Pengisian Refrigerant/Zat pendingin dilakukan dengan pendahuluan dengan cara di vacum kemudian dapat dilakukan dengan pengisian melaui saluran tekanan tinggi dan melalui saluran tekanan rendah,dan untuk mengetahui pengisian sudah penuh dapat diketahui melalui tiga cara yaitu dengan melihat gelembung pada kaca saringan,dengan melihat manometer dan sesuai berat refrigerant/zat pendingin.
Semoga bermanfaat.