Langkah mudah memahami cara Kerja Motor 4 Tak /langkah
Suatu mesin mobil dikatakan juga pembakaran didalam yang artinya melakukan pembakaran didalam mesin itu sendiri,Pada mobil umumnya mempunyai 4,6 dan 8 silinder.
Komponen utamuanya antara lain:block silinder ,silinder,ruang bakar yang terletak dibagian atas silinder dan diantara kepala silinder,Torakdipasang di silinder dan dihubungkan ke poros engkol.
Proses kerja Motor 4 tak
1. Isap
- katup masuk terbuka dan katup masuktertutup
- torak bergerak dari TMA ke TMB
- campuranudara dan bahan bakar masuk ke silinder melalui intake manifold.
2. Kompresi
- katup masuk dan katup buang tertutup
- torak bergerak dari TMB ke TMA,sehingga suhu dan tekanan menaik
- beberapa derajat sebelum TMA busi meletikan bunga api sehingga membakar campuran udara dan bahan bakar.
3. Usaha
- katup masuk dan katup buang tertutup
- akibat terjadipembakaran timbul ledakan yang menghasilkan tenaga.
- memaksa torak turun dari TMA ke TMB
4. Buang
- katup masuk tertutup dan katup buang terbuka
- torak bergerak dari TMB ke TMA
- mendorong gas keluar melalui Excaust manifold.
Begitu dan seterusnya siklus /proses kerja motor 4 tak ( 4 langkah )dari langkah isap sampai dengan langkah buang.
Untuk lebih mudah memahami cara kerja motor 4 tak/langkah seperti dibawah ini :
- Langkah isap katup masuk membuka katup buang menutup piston bergerak dari TMA ke TMB
- Langkah Kompresi kedua katup menutup piston bergerak dari TMB ke TMA,
- Langkah Usaha katup masuk dan buang menutup piston bergerak dari TMA ke TMB.
- Langkah buang katup buang yang terbuka piston bergerak dari TMB ke TMA.
Pada motor 4 tak/langkah hemat dalam pemakaian bahan bakar,motor dapat bekerja halus pada putaran rendah dan sistem pelumasan lebih sempurna relatif lebih awet dibanding 2 tak.
Baca juga:
- cara mudah setel katup klep secara sistematis dan menurut urutan pengapian(FO)
- cara kerja sistem pengapian
- cara mudah menemukan gangguan pada pada sistem starter