Mudah dan cepat memahami cara kerja Transmisi Manual 5 kecepatan
Transmisi adalah merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga pada sebuah kendaraan,yang berfungsi untuk merubah moment kecepatan,berjalan menanjak,menurun,mundur yang diinginkan sesuai dengan kondisi jalan dan pembebanan.
Bagian - bagian transmisi manual 3 poros adalah : Poros input dan roda gigi input,poros counter dan roda gigi counter,poros output dan roda gigi poros output.
- Transmisi Manual terdiri dari 3 macam.
1. Transmisi dengan roda gigi geser/Slidingmesh.
untuk memutus dan menghubungkan putaran dengan menghubungkan dan memutuskan antar roda gigi.
2. Transmisi dengan roda gigi tetap / Constanmesh.
sistem ini tidak memindahkan roda gigi,dengan menambah perlengkapan kopling geser
3.Transmisi Synchromesh.
merupakan penyempurnaan dari dua transmisi sebelumnya dan mempunyai keuntungan dengan perpindahan gigi yang halus.Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda gigi dengan cara melakukan pengereman,(seperti vidio diatas adalah jenis transmisi synchromesh)
- Perbandingan Gear ratio
roda gigi yang diputar dibagi roda gigi yang memutar,seperti gambar di bawah ini roda gigi yang memutar adalah roda gigi A dan yang diputer adalah roda gigi B,lebih mudahnya adalah roda gigi A memutarkan roda gigi B dan roda gigi C memutarkan roda gigi D.
Contoh : gigi 1 putaran input 2000 rpm maka putaran outputnya 400 rpm,dengan rumus seperti diatas.
Dari perhitungan diatas jika putaran rpm yang besar dari input shaf / poros yang dari mesin melalui kopling,maka dengan perbandingan komposisi roda gigi seperti diatas output shaft/kecepatan keluarnya adalah lebih kecil seperti contoh pada gigi 1 dan seterusnya untuk gigi selanjutnya.
Demikian cara mudah memahami kerja Transmisi Manual 5 kecepatan.
Baca juga :